10 'geek' paling top sepanjang masa

Dalam dunia komputer dan internet istilah 'Geek' merupakan sebutan bagi seseorang yang memiliki ketertarikan pada dunia komputer dan media baru serta mahir dalam menggunakannya. 'Geek' juga sering ditujukan bagi seseorang yang mengejar kemampuan teknis serta seseorang yang memiliki pengabdian pada sesuatu namun cara yang ditempuhnya membuat dia berada di luar mainstream.

Istilah 'Geek' yang terakhir mungkin cocok untuk menggambarkan siapa saja 10 'Geek' paling top sepanjang masa yang visi dan penemuannya telah membantu dunia teknologi seperti apa yang kita rasakan saat ini.

Pemilihan 10 'Geek' paling top ini dilakukan oleh situs vnunet. Mari kita lihat siapa sajakah 10 'Geek' paling top sepanjang masa? Apakah sesuai dengan pilihan anda?

1. Linus Torvalds

'Bapak' Linux, orang yang pertama kali membuat kernel Linux dan sampai sekarang aktif sebagai penjaga terakhir sekaligus pengontrol dari pengembangan kernel Linux.

2. Steve Wozniak

Orang ini adalah aktor teknis dibalik kesuksesan Apple dengan komputer rumahnya. Wozniak-lah orang yang merancang dan membuat komputer Apple pertama serta dia jugalah orang pertama yang merancang sistem operasi Apple sampai dengan awal tahun 1980an.

3. Sir Tim Berners-Lee

Tanpa orang ini maka mungkin anda tidak dapat membaca artikel ini. Ya dialah orang yang pertama kali mengembangkan protokol dasar dari World Wide Web (WWW) ketika dia bekerja di CERN dan saat ini menjadi direktur dari World Wide Web Consortium (W3C).

4. Seymour Cray

'Bapak' super komputer yang selama beberapa dekade telah merancang beberapa seri komputer yang super cepat dan konsep dasarnya sampai sekarang masih banyak dipergunakan dalam merancang superkomputer.

5. Marc Andreessen

Salah seorang pembuat Mosaic, browser web pertama yang digunakan secara luas di dunia. Mosaic yang berubah menjadi Netscape Communicator menjadi raja browser selama beberapa tahun sebelum Microsoft melancarkan perang kotor terhadap Netscape yang kemudian dikenal dengan perang browser.

6. Rear Admiral Grace Hopper

Wanita ini adalah salah seorang pengembang program compiler yang pertama dan perintis ide dari penggunaan bahasa Inggris sebagai kode pemrograman dibanding harus menggunakan bahasa mesin. Berdasarkan filosofinya juga dibuat bahasa pemrograman Cobol.

7. Jack Kilby dan Robert Noyce

Jack Kilby merupakan pemenang Nobel di tahun 2000 untuk bidang Fisika atas penemuannya yaitu Integrated Circuit (IC). Sedangkan Robert Noyce pada tahun yang sama dengan Jack Kilby juga membuat sirkuit dari sebuah blok tunggal silikon yang lalu metodenya itu menjadi dasar pembuatan mikroprosesor.

8. Alan Turing

Banyak yang menyebut Alan Turing sebagai 'bapak' ilmu komputer modern. Turing adalah kunci dari ide pengembangan Artificial Intelligence dan Turing Test, sebuah tes dari kemampuan mesin untuk mendemonstrasikan intellegence, masih menjadi standar artificial intelligence sampai sekarang.

9. Richard Stallman

Dialah pendiri GNU Project dan sekaligus orang yang mendirikan Free Software Foundation. Stallman dikenal sebagai perintis konsep copyleft dan pejuang free software.

10. Paul Allen

Tanpa Paul Allen mungkin Bill Gates tidak akan menjadi orang yang terkaya di dunia. Paul Allen-lah orang yang mengajak Bill Gates untuk keluar dari kuliah dan dia pula yang menjadi kunci dalam pembelian QDOS oleh Microsoft. QDOS yang lalu berubah menjadi DOS merupakan batu pijakan dari sistem operasi buatan Microsoft.


Sumber : erakomputer

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi