2.657 Penyelam Gelar Upacara Bendera di Dasar Laut

Ribuan penyelam telah mempersiapkan diri untuk menggelar upacara bendera di dasar laut wilayah Manado, pada tanggal 17 Agustus 2009.

Apabila betul terlaksana, maka selam massal yang digelar akan memecahkan rekor dunia (Guinness World Record) untuk kategori selam massal terbanyak dan upacara hari kemerdekaan di dasar laut.

Sebanyak 2.657 peserta selam massal dari empat rayon daerah pendaftaran pada Sabtu 15 Agustus kemarin telah melaksanakan latihan selam gabungan dipimpin oleh Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut (Kadispenal) Laksamana Pertama TNI Iskandar Sitompul di pantai Malalayang Manado sebagai latihan selam akhir sebelum melakukan pemecahan rekor dunia Guiness Book of Record.

Gladi akhir pemecahan rekor dilaksanakan dalam dua tahap. Tahap pertama gladi kotor meliputi latihan pergerakan personel tanpa alat dari daerah persiapan darat menuju pantai. Tahap kedua gladi bersih yaitu latihan dengan menggunakan peralatan selam lengkap dari daerah persiapan ke lokasi pemecahan rekor yang telah disiapkan.

Seluruh peserta selam dibagi menjadi 54 kelompok, setiap grup terdiri dari 50 penyelam yang dipimpin Komandan Regu (Danru) dan Wakil Komandan Regu (Wadanru). Para Danru dan Wadanru juga bertugas sebagai tim SAR dalam kondisi darurat di kelompok masing-masing.

Para peserta selam direkrut dari empat rayon, yaitu Jakarta, Surabaya, Makassar, dan Manado. Para peserta merupakan prajurit TNI dan Polri, karyawan instansi pemerintah dan swasta, pemuda, dan masyarakat secara perseorangan dari seluruh Indonesia.

Untuk pertama kalinya seluruh komponen bangsa akan ikut bersama-sama melaksanakan upacara peringatan hari kemerdekaan di dalam air bahkan peserta manca negara yang berjumlah sekitar 42 penyelam berasal dari negara Filipina, Belanda, Australia, Singapura, dan Belgia ikut bersama-sama menyukseskan perhelatan kelautan ini sebagai partisipan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi