Blog Pandji Serukan Tak Terpancing Plesetan Indonesia Raya

Pandji Pragiwaksono gerah dengan maraknya forum online yang membahas plesetan lagu Indonesia Raya oleh Malaysia. Dalam blognya, salah satu penggiat gerakan Indonesia Unite ini meminta forumer Indonesia agar tidak mudah terpancing.

Beredarnya pemberitaan soal lirik lagu Indonesia Raya yang diplesetkan, tak ayal semakin memanaskan hubungan di antara Indonesia dan Malaysia di tengah momen klaim kebudayaan.

Namun, Pandji yang mengikuti perkembangan berita ini menduganya sebagai perbuatan orang Indonesia yang ingin memanfaatkan momen dan semakin memanaskan hubungan di antara kedua negara yang memang sering mengalami pasang surut.

"Gue dapet kabar, ada sebuah thread di mana lagu Indonesia Raya dihina, diplesetin, dijadikan bahan tertawaan. Pas gue baca, gue langsung curiga. Ketika pertama kali baca, memang terasa seperti sebuah hinaan. Dua kali gue baca. Tiga kali gue baca. Lama lama yakin gue, ini orang Indonesia yang nulis," tulis Pandji dalam blognya yang berjudul "Selamatkan Mereka" pada Rabu, 26 Agustus 2009.

Pandji mengeluhkan kabar ini sudah tersebar luas dan menyayangkan perilaku orang tidak bertanggung jawab ini. Menurutnya, pelaku 'permak' Indonesia Raya ini adalah orang-orang yang skeptis bahwa Indonesia akan menjadi negara yang hebat.

Dugaan Pandji ini bukan tanpa alasan. Dia juga menyebutkan, dahulu pernah pula ada kasus sebuah blog yang seakan milik Malaysia dan penulis blognya menghina Indonesia.

"Mereka sadar bahwa Indonesia membaik, dan itu membuat mereka tidak nyaman. Mereka takut salah. Mereka takut bahwa keyakinan mereka bahwa Indonesia akan selamanya jadi negara yang kampungan terbukti sebaliknya. Jadi apa yang mereka lakukan? Mereka sibuk membuktikan bahwa skeptisme mereka benar," tulis Pandji.

Pandji mengimbau masyarakat Indonesia, agar tidak terjerumus dalam perangkap orang-orang skeptis tersebut dan justru malah meminta agar kita menyelamatkan golongan tak bertanggung jawab itu.

Dalam blog yang beralamat di http://www.pandji.com/malaysia/ tersebut, sudah ada 14 respons masuk yang mendukung pernyataan Pandji.

"Jangan terjerumus. Jangan terpancing. Jangan emosi. Jangan buta. Jangan hina mereka. Jangan juga menghina orang Indonesia yang suka pura pura jadi orang Malaysia.. Justru.. Selamatkan mereka.. Hanya kita sesama orang Indonesia yang bisa menyelamatkan mereka.. Selamatkan mereka..," tutup Pandji dalam tulisannya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi