Gempa Guncang Pagaralam dan Manado

Gempa teknonik berkekuatan 5,2 Skala Richter menguncang Pagaralam, Sumatera Selatan, Rabu (9/9). "Pusat gempa berada pada 3 derajat lintang selatan dan 100.93 bujur timur, 51 kilometer baratdaya Muko-muko di Bengkulu dengan kedalaman 30 kilometer," kata petugas Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika, Dadang Permana.

"Gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami, dan hanya dirasakan di Bengkulu, bahkan tidak menimbulkan kepanikan," jelasnya. Tahun 2009, sudah lebih dari lima kali gempa mengguncang Bengkulu. Tahun 2007, ratusan rumah dan gedung di wilayah ini hancur akibat gempa.

Sementara itu gempa berkekuatan 6,0 Skala Richter juga terekam menggoyang Manado, Sulawesi Utara, Rabu pukul 16.00. Pusat gempa berlokasi pada 2,35 derajat lintang utara dan 126,15 bujur timur, sekitar 146 km timur laut Bitung.

Getaran terasa di Manado, Airmadidi, Tagulandang, Siau, dan Tahuna, yang dekat dengan pusat gempa. Pejabat Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika setempat, Andi Nur Eko Wibowo mengatakan, gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami. Warga Manado merasakan guncangan gempa namun tidak terlalu keras. Beberapa warga memang sempat panik dan meninggalkan gedung tempat mereka bekerja.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi