Beda BIS dan BES untuk Blackberry

Anda pengguna layanan BlackBerry? Pernah mendengar istilah Blackberry Internet Service (BIS) dan Blackberry Enterprise Services (BES)? Pada minggu ini kami akan membahas tentang perbedaan, kelebihan dan kekurangan layanan tersebut.

BIS atau BlackBerry Internet Service adalah layanan yang umumnya digunakan oleh individual atau small/medium office. Layanan ini sangat mendukung push email untuk keperluan bisnis atau pribadi.

1. Email dapat di push jika mail server tersebut didukung oleh teknologi POP 3 atau IMAP. Email yang diterima di handheld (Push Email) akan muncul dengan membutuhkan waktu sekira 30 detik sampai maksimum 20 menit.

2. Mampu untuk add email di handheld sampai 10 account BIS

3. User melakukan aktivasi dari webclient baik dari PC ataupun dari handheld BlackBerry

4. Tidak ada minimum berlangganan

Kekurangan dari layanan BIS adalah,
1. Syncronize email, calendar, task dan contact dilakukan secara manual via Desktop Manager.

2. Jika user adalah karyawan dari suatu corporate maka tidak dapat mengakses aplikasi internal (aplikasi inventory, reimbursement, etc)

3. Add contact dilakukan secara manual baik alamat email ataupun nomer telepon.

4. Jika user lupa password handheldnya, maka semua data yang ada di handheld (contact, email, sms, applications, etc) akan hilang.

5. Sangat tergantung server RIM atau mail server yg digunakan (yahoo, google, etc)


BES atau BlackBerry Enterprise Server sangat tepat digunakan perusahaan menengah ke atas, skala nasional atau multi nasional. Layanan ini sangat power full sehingga memudahkan user untuk melakukan aktivitas seperti halnya di PC.

1. Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS Indosat juga.

2. Saat ini hanya dapat dinikmati oleh perusahaan yang sudah memiliki existing domain (@corporate.com or co.id or etc).

3. Support untuk mail server microsoft exchange, Lotus Domino dan Novell

Kelebihan layanan BES

1. Real time push email, calendar, contact and task

2. Push email mampu sampai dengan 12 account, termasuk email corporate dan master account (Pelanggan BES Indosat otomatis menjadi pelanggan BIS juga).

3. Pengguna BES dapat masuk ke aplikasi internal / intranet via BlackBerry

4. Dapat melakukan look up address ke seluruh karyawan yang terdaftar di perusahaan tersebut, data yang tersedia tergantung BES Administrator (Nama, alamat email, telp, HP, lokasi kerja, jabatan, etc)

5. Dapat melakukan enterprise activation via wireless device dimanapun (termasuk saat diluar negeri)

6. Administrator BES dapat melakukan IT Policy, reset password handheld, Kill Handheld, etc.

7. Tidak tergantung oleh server lain (Menggunakan BES server sendiri).
Sumber : okezone


0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi