Pelanggan Indosat Bisa Telepon di Pesawat

Pelanggan seluler dan BlackBerry Indosat sudah bisa menggunakan fasilitas telekomunikasi dasar seperti panggilan suara, pesan singkat (SMS), dan akses data saat bepergian dengan pesawat ke luar negeri.

Hadirnya fasilitas telekomunikasi di pesawat bisa terwujud berkat kerjasama bisnis antara Indosat dengan Aeromobile selaku operator yang menawarkan layanan mobile pertama di pesawat.

"Kerja sama ini melengkapi portofolio kami sebagai operator yang memberikan layanan seluler terlengkap," kata Dirut Indosat, Johnny Swandy Sjam, usai penandatangan kerja sama dengan Aeromobile di gedung pusat Indosat, Jakarta, Selasa (21/7/2009).

Sejauh ini baru pelanggan pascabayar Matrix yang bisa menggunakan fasilitas telekomunikasi tersebut di 47 pesawat Emirates dan satu pesawat Malaysia Airlines. Perluasan kerja sama fasilitas ini tergantung dari rencana bisnis maskapai yang menjadi mitra Aeromobile.

"Jika mereka tambah pesawat, maka kami juga akan menambah BTS kami di pesawat baru," jelas Guntur Siboro, Chief Marketing Officer Indosat. Kata dia, investasi yang dikeluarkan untuk pembangunan infrastruktur tiap pesawat USD250 ribu.

Sementara tarif yang dikenakan untuk pelanggan Matrix saat panggilan suara, baik menerima atau memanggil ke luar, sebesar Rp55 ribu per menit. Untuk terima dan kirim SMS Rp15 ribu per pesan. Dan untuk akses data tarifnya Rp350 per kilobyte.

Guntur menilai tarif itu murah jika digunakan oleh pelanggan Matrix yang datang dari kalangan pebisnis. Tarif itu menggunakan metode kerjasama roaming atau jelajah internasional. Pendapatan dari penggunaan roaming itu akan dibagi sesuai perjanjian kerjasama antara Indosat dan Aeromobile, dan Aeromobile dengan maskapai dan mitra operator panggilan yang dituju.
sumber : okezone


0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi