Hati-hati BlackBerry Kloningan

BLACKBERRY memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh perangkat komunikasi kebanyakan. Untuk membelinya pun harus hati-hati. Jika dapat BlackBerry kloningan, dijamin kelebihan ponsel asal Kanada itu tidak bisa dinikmati. BlackBerry, atau yang biasa disingkat BB, memiliki identitas yang unik. Selain IMEI (International Mobile Equipment Identification) yang ada di ponsel biasa, di BB disertai juga PIN (personal identification number).

Dua identitas inilah yang akan dikenali oleh pusat BlackBerry di dunia, yakni Kanada. Jika IMEI dan PIN yang berada di Kanada berbeda dengan yang ada di BB kita, bisa dijamin RIM akan men-suspend. Jika bernasib seperti itu, BB tersebut tidak bisa digunakan untuk ber-Facebook, atau layanan messenger seperti YM, Gtalk, dan BlakBerry Messenger. Untuk menghindari suspend, waspadalah dengan yang namanya BB kloningan.

BB kloningan adalah handset BlackBerry yang bangkit dari suspend karena sudah diakal-akali. Dan agar tidak tertipu BB kloningan, telitilah sebelum membayar. Langkah pertama membeli BB, jangan percaya rupa, seperti kardus nan mulus, atau ada segel. Itu bukan jaminan BB tersebut aman. Sebelum segel dibuka, minta jaminan dari pedagang jika BB tersebut bukan kloningan.

Selanjutnya, perhatikan nomor IMEI dan PIN di barcode yang ada di kardus. Nomor PIN dan IMEI tersebut harus sama persis dengan barcode yang berada di handset, tepatnya di dalam tempat baterai. Jika sudah sesuai, selanjutnya masukkan kartu yang sudah aktif layanan BB dan aktifkan. Perhatikan sinyal operator yang berada di pojok kanan atas. Jika BB tersebut tidak tersuspend dan layanan BB aktif, tertulis GPRS, EDGE atau 3G+lambang BlackBerry dengan huruf kapital.

Jika kartu sudah aktif namun dalam waktu 5 atau 10 menit sinyal tertulis huruf kecil, gprs, edge, atau 3g, lebih baik minta handset BB baru. Berikutnya pencet menu BB dan cari option, status. Ketik BUYR untuk melihat keabsahan BB tersebut baru atau second. Data Usage harus tertulis 0 atau maksimal 10 K. Jika sudah 250 K, berarti sudah second. Dan untuk Voice Usage harus 0.

Semenit saja, artinya sudah pernah digunakan untuk menelepon. Jika ada tulisan IT Policy Enabled, maka baiknya juga dipikir ulang untuk membelinya. Kenapa? Blackberry dengan IT Policy ini khusus diperuntukkan bagi perusahaan. Atas permintaan perusahaan pula, RIM memberikan batasan layanan BB. Hanya aplikasi yang sudah ditentukan saja yang bisa digunakan.

Maka tidak bisa third application di-install di handset BB tersebut. Misalnya, tidak bisa mendownload, tidak bisa browsing, dan lain-lain. Serta yang tak boleh ketinggalan, BB harus unlock. Jika BB ter-lock, biasanya hanya bisa digunakan oleh satu operator yang mengeluarkan BB tersebut. Dan ini tidak bisa membebaskan penggunanya berganti-ganti simcard dari operator lain.


0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi