Miss Zimbabwe Kuliah di Universitas Padjadjaran

Miss Zimbabwe, Avril Mhembere, tahun ini tercatat sebagai mahasiswa baru Pascasarjana program S2 jurusan Hubungan Internasional Universitas Padjadjaran.

"Dia tadinya hanya ingin belajar bahasa Indonesia, namun setelah bisa berbahasa Indonesia, kemudian melanjutkan kuliahnya di S2 jurusan HI," kata Dekan FISIP Unpad, Prof Dr HA Kartiwa Drs SH MS, di Jatinangor, Sumedang, Jabar, Rabu (18/08).

Menurut dia, selain ratu kecantikan itu juga menarik minat orang luar negeri lainnya untuk belajar, yang tentunya tidak kalah penting karena FISIP Unpad mendapat kehormatan bisa mendidik tokoh panutan masyarakat dan pejabat, seperti halnya Wagub Jabar Dede Yusuf.

"Bagi mahasiswa FISIP ini menjadi tantangan, untuk meningkatkan kualitas SDM, sarana dan prasarana. Memberikan semangat kapada generasi muda dalam menghadapi globalisasi, memberi spirit dan teladan. Dede Yusuf, adalah artis, kemudian menjadi pemegang pemerintahan di Jabar dan sekarang S2 Unpad," ucap Kustiwa.

Pertukaran Mahasiswa

Universitas Padjadjaran selepas lebaran, akan melakukan pertukaran mahasiswa FISIP (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik) dengan UM (University of Malaya) Malaysia.

Dekan FISIP Unpad, mengatakan pertukaran mahasiswa antara FISIP Unpad dan UM Malaysia tersebut baru dilaksanakan tahun ini.

Karena sebelumnya, Malaysia hanya menginzinkan dilakukan pertukaran mahasiswa untuk bidang ilmu pengobatan/kedokteran saja, kata dia.

"Dengan dimulainya bidang lain seperti ilmu sosial politik, diharapkan bisa memperkenalkan dan mengembangkan keunggulan masing-masing di dua negara tersebut," jelasnya.

Dikatakannya, untuk tahap awal, baik FISIP Unpad ataupun UM Malaysia akan mengirimkan masing-masing 10 mahasiswa, dari semester tiga ke atas.

FISIP Unpad, menurut dia, mengalami peningkatan minat cukup tinggi bagi mahasiswa baru Unpad. Saat ini FISIP Unpad tengah mengoptimalkan generasi menjadi yang terbaik. Upaya yang dilakukan adalah memperbarui kurikulum, serta dosen.

"Dosen di FISIP sampai saat ini baru 60% yang bergelar Doktor (S3), diharapkan tahun depan bisa mencapai 80%. Selain itu pengembangan sarana dan prasarana, agar suasana pembelajaran bagi mahasiswa bisa berjalan dengan baik," tandas dia.

Dikatakan Kartiwa, visi FISIP Unpad adalah menghasilkan lulusan yang unggul. FISIP menjadi fakultas yang mempunyai keunggulan. Untuk itu dibangun kebersamaan satu sama lain. Dari keilmuan yang berbeda, dijalinlah dialog dan silaturahmi, sehingga terbangun kebersamaan yang akan meraih keunggulan menuju world class university.

"Ternyata banyak mahasiswa dari luar negeri melanjutkan pendidikannya di Unpad. Seperti Zimbabwe, Madagaskar, Malaysia," jelasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Template by SeKeDaR bErBaGi